Kamis, 26 April 2012

Jaringan Komputer



Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer yang terpisah-pisah akan tetapi saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya .


Manfaat jaringan komputer bagi manusia diantaranya dapat digunakan pada jaringan untuk perusahaan, jaringan untuk umum, dan masalah sosial jaringan yang mempunyai fungsi tertentu pada masing masing jaringan.


Macam macam jaringan komputer
Jaringan broadcast memiliki saluran komunikasi tunggal yang dipakai bersama-sama oleh semua mesin yang ada pada jaringan. Pesan-pesan berukuran kecil, disebut paket, yang dikirimkan oleh suatu mesin akan diterima oleh mesin-mesin lainnya. Field alamat pada sebuah paket berisi keterangan tentang kepada siapa paket tersebut ditujukan.
Jaringan point-to-point terdiri dari beberapa koneksi pasangan individu dari mesin-mesin. Untuk mengirim paket dari sumber ke suatu tujuan, sebuah paket pad ajringan jenis ini mungkin harus melalui satu atau lebih mesin-mesin perantara.

1.Local Area Network
Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.

2.Metropolitan Area Network
Metropolitan  Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN.  MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mamapu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buiah kabel dan tidak mempunyai elemen switching, yang berfungsi untuk mengatur paket melalui beberapa output kabel.
Alasan utama memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus). Setiap bus mempunyai sebuah head–end, perangkat untuk memulai aktivitas transmisi. 

3.Wide Area Network
Wide Area Network  (WAN) mencakup daerah geografis yang luas, sertingkali mencakup sebuah negara atau benua.  WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk mejalankan program-program aplikasi. Pada sebagian besar WAN, subnet terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching. Kabel transmisi (disebut  juga sirkuit, channel, atau trunk) memindahkan  bit-bit dari satu mesin ke mesin lainnya. Element switching adalah komputer khusus yang dipakai untuk menghubungkan dua kabel transmisi atau lebih.


Sistem Operasi Jaringan
  • Client-server 
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain didalam jaringan dan client adalah komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.

  • Peer-to-peer 
Jaringan tipe peer to peer diistilahkan non dedicated server, karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat berperan sebagai workstation.

 Macam Macam Topologi


1.Topologi Bus

Topologi bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel koaksial menjamur. Dengan menggunakan konektor T (dengan terminator 50 ohm pada ujung jaringan), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa diangkat dengan mudah dihubungkan satu sama lainnya.

Keunggulan :
Murah karena tidak menggunakan banyak media dan mudah karena media yang digunakan banyak di pasaran.
Setiap komputer dapat saling berhubungan langsung
Kelemahan :
Sering terjadi hang atau crosstalk, jika anda menggunakan bus yang samadan lebih dari satu
Tidak dapat digunakan secara bersamaan dalam waktu yang sama, sehingga harus bergantian dengan menambah relay.


2.Topologi Ring

Topologi ini memanfaatkan kurva tertutup, artinya informasi dan data serta jalur disalurkan sedemikian rupa sehingga masing-masing node tersambung.
Keunggulan :
Seperti Topologi bus
Penggunaan sambungan point to point membuat kesalahan transmisi dapat diperkecil
Kelemahan :
Data yang dikirim bila melalui banyak komputer maka transfer data menjadi lambat


3.Topologi Star

Topologi ini banyak digunakan di berbagai tempat, karena kemudahan untuk menambah, mengurangi atas mendeteksi kerusakan jaringan yang ada.
 Keunggulan :
Akses server cepat
Menampung banyak pengguna komputer yang melakukan banyak komunikasi data ke server.
Kelemahan :
Jika 2 pengguna ingin berkomunikasi, maka harus melalui server dulu sehingga ada kemungkinan terdapat kesalahan jika sambungan setiap pengguna server kurang baik.
Jika pusat node atau terminal rusak, maka semua sistem ikut rusak


4.Topologi Hybrid

Topologi ini seperti membentuk sebuah pohon dengan cabangnya.
Keunggulan :
Kontrol manajemen telah mudah karena bersifat terpusat dan terbagi dalam tingkatan atau jenjang.
Kelemahan :
Jika salah satu node rusak, maka node yang berada di jenjang bagian bawah tidak berfungsi


5.Topologi Mesh

Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1, n = jumlah sentral). Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang.


6.Topologi Tree

Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral denganhirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. 







0 komentar:

Poskan Komentar